Struktur
pasar yang sangat bertentangan ciri-cirinya dengan persaingan sempurna adalah
pasar monopoli. Monopoli adalah suatu
bentuk pasar dimana terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini
menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti sangat dekat.
Biasanya keuntunngan yang dinikmati oleh perusahaan monopoli adalah keuntungan melebihi normal
dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi
perusahaan-perusahaan lain untuk memasuki indrustri tersebut. Menerangkan
bentuk halangan-halangan ini merupakan salah satu aspek yang dianalisis dalam
bab ini.
Perhatian
utama dari uraian dalam bab ini akan ditumpukan kepada menerangkan mengenai
bagaimana caranya suara perusahaan monopoli menentukan tingkat produksi yang
akan memaksimumkan keuntungannya. Seperti juga dengan analisis mengenai
pemaksimuman keuntunan di pasar persaingan sempurna, analisis dengan hal itu di
perusahaan monopoli akan menggunakan dua cara, yaitu: (i) dengan pendekatan biaya total dan hasil penjualan total; (ii) dengan
pendekatan biaya marjinal dan hasil penjualan marjinal.
Ciri-ciri Pasar Monopoli
Ciri-ciri pasar monopoli sangat berbeda dengan pasar persaingan sempurna. Uraian berikut menerangkan ciri-ciri monopoli.
Pasar Monopoli Adalah Industri Satu
Perusahaan
Hal
ini rasanya tidak perlu di terangkan lagi. Sifat ini sudah secara jelas dari
definisi monopoli di atas, yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industri
tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat
dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau
mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan
monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh monopoli
itu, dan para pembeli tidak dapat berbuat suatu apa pun di dalam menentukan
syarat jual beli.
Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Promosi Iklan Kurang Diperlukan
Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar.
Nama : Mochamad Zacky Merdi
Kelas : 2KA27
NPM : 19110510
Tidak Memilki Barang Pengganti yang
Mirip
Barang
yang dihasilkan perusahaan tidak
monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang
tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak
terdapat barang mirip (close substitute) yang
dapat menggantikan barang tersebut. Aliran
listrik contoh dari barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang mirip.
Yang ada hanyalah pengganti yang sangat berbeda sifatnya, yaitu lampu minyak.
Lampu minyak tidak dapat menggantikan listrik karena, ia tidak dapat digunakan
untuk menghidupkan televisi atau memanaskan strika.
Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
Sifat ini merupakan sebab utama yang
menimbulkan perusahaan mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini pasar
monopoli tidak akan terwuju, karena tanpa adanya halangan tersebut pada
akhirnya akan terdapat beberapa perusahaan di dalam industri. Keuntungan
perusahaan monopoli adalah tidak adanya perusahaan-perusahaan lain yang dapat
memasuki industri/pasar. Perusahaan lain akan mengalami hambatan yang sangat
kuat untuk masuk kedalam pasar. Hambatan (barrier) tersebut, ada yang bersifat
legal formal melalui suatu undang-undang, ada yang bersifat teknologi yang
sangat canggih dan tidak mudah di contoh, ada karena faktor skala ekonomi usaha
(economy of scale), dan lain sebagainya.
Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Oleh karena perusahaan monopoli
merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar, maka ia mempunyai kekuasaan
penuh dalam menentukan harga barang yang dijuanya dipasar. Oleh sebab itu
perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan
pengendalian terhadap produksi dan jumlah barang ditawarkan perusahaan monopoli
dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya.
Promosi Iklan Kurang Diperlukan
Oleh karena perusahaan monopoli
adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak
perlumempromosikan barang yang akan dijualnya dengan menggunakan iklan.
Pembeli yang memerlukan barang terpaksa harus membeli barang yang diproduksi
oleh produsen monopolis tersebut. Jika perusahaan tersebut membuat iklan,
umumnya hanya ditujukan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggannya.
Sumber : Sadono Sukirno MIKRO EKONOMI teori pengantar.
Nama : Mochamad Zacky Merdi
Kelas : 2KA27
NPM : 19110510
0 komentar:
Posting Komentar