Enjoy Reading

Kamis, 27 Oktober 2011



Perubahan yang sangat cepat pada industri komputer kini telah merambah ke kemampuan otak dari mesin untuk mencapai kemampuan otak dari manusia. Secara teknis, komputer telah melampaui otak manusia dalam hal penyelesaian hal-hal yang kompleks, sedangkan otak manusia unggul di sisi komputasi kekuasaan otak dan efisiensi energi.
Namun sampai kapan otak manusia masih akan diatas komputer ? Tidak akan terlalu lama karena supercomputer Blue Gene dari IBM sudah melampaui kemampuan proses otak pada hewan-hewan kecil seperti tikus dan kucing, dan menurut keterangan peneliti dari IBM, otak manusia tidak terlalu jauh lagi untuk di lalui.
Secara manusia, otak terdiri dari 20 milyar neuron yang saling terhubung dengan 200 trilyun sinapsis. Supercomputer Blue Gene IBM memiliki 147.456 prosesor paralel yang masing-masing memiliki memori 1GB. Hasil nya, Blue Gene telah berhasil mensimulasikan sekitar 4,5% dari keseluruhan otak manusia. IBM hanya perlu menambah sekitar 732.544 prosesor lagi untuk menyamai kemampuan otak manusia, yang mana di perkirakan akan mampu di kerjakan IBM tahun 2019.
Skynet Teknokerz ?


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com