Enjoy Reading

Minggu, 16 Oktober 2011


Video on Demand (VoD) merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna memilih dan menikmati konten video sesuai keinginannya. Dalam layanan ini, teknologi IPTV umumnya digunakan untuk mengantarkan video ke pesawat televisi ataupun komputer.

Kini layanan Video On Demand sudah bisa dinikmati oleh pemirsa televisi di Tanah Air lewat layanan yang disebut Showtime yang dihadirkan oleh First Media, penyedia layanan televisi kabel definisi tinggi.

“Showtime merupakan layanan Video On Demand  yang membuat pelanggan dapat menikmati dan tidak kehilangan berbagai macam konten lokal dan internasional kapan aja disela berbagai aktivitas,” kata Hengkie Liwanto, CEO Link Net, pemilik brand First Media, 13 Oktober 2011.

Hengkie menyebutkan, layanan ini membuat para pelanggan seperti mempunyai perpustakaan video pribadi yang dapat mereka pilih sendiri. “Semua berada dalam kontrol. Mereka dapat merekam, menghentikan atau mengulang program serta konten tayangan yang mereka inginkan tanpa harus menunggu jadwal acara TV,” ucapnya.

Berdasarkan laporan ‘Pasar TV Berbayar dan Pitalebar Asia Pasifik 2011’ yang diterbitkan lembaga analis Media Partners Asia (MPA), dinamisme ekonomi dan persaingan multi-platform telah meningkatkan konsumsi TV berbayar dan pitalebar di Asia Pasifik.



Dari laporan tersebut, terungkap bahwa pada tahun 2010, jumlah rumah tangga yang menjadi pelanggan layanan TV digital telah mencapai 148 juta rumah. Angka ini diprediksi akan mencapai 362 juta pada tahun 2015 dan 483 juta pada 2020, dipicu oleh adopsi digital yang dilakukan oleh jutaan rumah tangga di China dan India serta proses digitalisasi di negara lain.

Artinya, penetrasi digital rumah tangga pengguna TV berbayar tumbuh dari 20 persen di  2010  mejadi 42 persen pada 2015, dan 52 persen pada 2020.

Di Indonesia, khususnya di Jakarta, saat ini sudah ada 600 ribu rumah tangga yang berada di jangkauan jaringan televisi digital berbayar First Media. “Sekitar 600 ribu dari 4 juta rumah yang ada di kawasan Jabodetabek sudah tercakup jaringan televisi kabel First Media,” kata Hengkie.

Menurut Hengkie, perkembangan TV kabel digital juga akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan internet broadband di Indonesia. “Sebagai perbandingan, di Singapura saat ini 60 persen warganya sudah memiliki broadband Internet, sementara di Indonesia baru 2 persen saja,” ucapnya.

"Sebagai penyedia yang berupaya memenuhi kebutuhan konsumen di era digital, layanan VOD merupakan salah satu cara kami dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan,” kata Hengkie.

Saat ini, pelanggan dapat menikmati fasiltas VOD dari Showtime secara gratis selama 3 bulan masa uji-coba untuk semua paket HBO On Demand dan beberapa konten lokal yang diberikan  First Media.

Sember : VIVAnews
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com