Enjoy Reading

Rabu, 24 November 2010


SINGAPURA, KOMPAS.com — Akses internet di pesawat mungkin bukan barang baru. Namun, saat layanan semacam itu bakal bisa digunakan di pesawat Singapore Airlines, mungkin ini kabar mengejutkan. Apalagi jalur penerbangan maskapai tersebut melewati beberapa kota di Indonesia.

Maskapai tersebut telah menandatangani kontrak dengan OnAir NV untuk melakukan pemasangan jaringan wi-fi di dalam kabin pesawat sehingga penumpang dapat mengakses internet selama dalam perjalanan. Selain itu, juga dipasang BTS khusus agar penumpang juga dapat melakukan panggilan telepon dengan ponselnya. .
"Ini bukan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Pelanggan sangat mengharapkan layanan ini karena dunia saat ini saling berhubungan," jelas Nick Ionides, juru bicara Singapore Airlines, seperti dikutip Kontan, Rabu (6/10/2010). Dengan adanya layanan ini, pelanggan dapat menggunakan laptop, ponsel, atau smartphone seperti iPhone milik Apple dan BlackBerry selama penerbangan.
Layanan internet dan ponsel di pesawat saat ini memang dilarang sesuai regulasi karena dapat mengganggu sinyal frekuensi penerbangan. Namun, dengan kemajuan teknologi, masalah interferensi dapat diatasi dan dapat digunakan di beberapa jenis pesawat. Untuk Singapore Airlines, layanan tersebut baru akan disediakan mulai 2011 mendatang di pesawat jenis Airbus A340-500s dan A380s serta Boeing 777-300 ER.

Adanya gebrakan ini menjadikan Singapore Airline sebagai maskapai penerbangan utama pertama di Asia yang menawarkan konektivitas internet di udara. Sebelumnya, Emirates di Dubai pada Juli lalu juga berencana menawarkan layanan serupa pada  2012.

Nama  : MOCHAMAD ZACKY MERDI
NPM  : 19110510
Kelas  : 1KA31
Dosen  : Asri Wulan
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar
Categories: , ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar