Enjoy Reading

Rabu, 17 November 2010

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), curah hujan yang cukup tinggi akan melanda Indonesia hingga bulan Juni 2010.  Bencana banjir pun tak terelakkan. Dalam sepekan belakangan ini, beberapa wilayah di Indonesia tergenang banjir.
Dari laporan Posko PMI Pusat, tercatat dalam sepekan lalu ada 13 kecamatan di Aceh yang dilanda banjir. Kemudian menyusul dua kecamatan di Pasuruan Jawa Timur juga tergenang banjir dengan ketinggian 1-2 meter.
Catatan laporan dari Posko PMI Provinsi Aceh menyatakan, sebanyak 13 kecamatan di Kabupaten Nagan Raya terendam banjir dengan ketinggian hingga 2 meter. Pada 11 Mei 2010, banjir terjadi di Kecamatan Kuda Pasir dan Tadu Raya. Jangkauan air mencapai 2 meter, situasi dikhawatirkan akan memburuk bila terjadi hujan terus-menerus.
“PMI Kabupaten Nagan Raya telah mengerahkan 30 anggota Satgana (red-Satuan Penanganan Bencana) dan 20 anggota KSR (red-Korps Sukarela) untuk membantu evakuasi warga ke lokasi aman, melakukan pendataan awal di lokasi bencana banjir, dan membantu distribusi bantuan,” ucap Staf Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Aceh, Marhamah (12/5).
Karena wilayah masih tergenang banjir, distribusi bantuan dilakukan dengan menggunakan perahu. Sebanyak 270 KK atau sekitar 1.300 warga korban banjir, telah menerima bantuan dari PMI berupa beras dan mie instant. Selain itu, PMI juga telah membantu memberikan layanan kesehatan gratis untuk para warga korban banjir di Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Berdasarkan laporan sementara dari Posko PMI Provinsi Aceh, para warga korban banjir mulai menderita diare karena sarana air bersih yang sulit diperoleh.
Sementara itu, banjir juga melanda Kota Pasuruan, Jawa Timur pada Rabu lalu (12/5). Genangan air setinggi 50 cm hingga 1 meter melanda dua kelurahan, yaitu Kelurahan Karang Tegug dan Krapyak, Kecamatan Gagingrejo, Kota Pasuruan. Banjir juga merendam jalan raya Tambakrejo, Kraton hingga membuat jalur Pasuruan-Probolinggo sempat macet total selama hampir lima jam. Posko PMI Kota Pasuruan menyampaikan bahwa para anggota Satgana PMI membantu mengevakuasi warga.
“Dari laporan sementara Posko PMI Kota Pasuruan, ada 361 warga korban banjir yang dibantu mengungsi. PMI melakukan tindakan Pertolongan Pertama kepada 18 warga yang mengalami luka ringan, membantu distribusi bantuan, dan mendirikan dapur umum,” tutur Staf Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Tia Kurniawan di Posko PMI Pusat (15/5).
Beralih ke Jawa Tengah, bencana longsor melanda  Kabupaten Brebes pada Jumat dini hari (14/5).
“Longsor terjadi Jumat dini hari kemarin (14/5) di Desa Dukuh Waru, Kecamatan Bantar Kawung. Ada 30 orang anggota KSR yang dikerahkan ke lokasi longsor. Dari lokasi, dilaporkan ada 3 rumah warga yang hancur terkena longsor,” ucap Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Brebes Masruri (18/5).*


NAMA : MOCHAMAD ZACKY MERDI
KELAS : 1KA31
NPM : 19110510
DOSEN : Asri Wulan
MATA KULIAH : Ilmu Sosial Dasar
Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar